Posted by : Nurhadi Prayogi 17 March 2012


Rokok dapat menyebabkan pencemaran udara
 

Mungkin sedikit aneh melihat judul diatas. Merokok kok sampe' menyebabkan pencemaran udara!!Mungkin nggak sih???Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin untuk terjadi. Asap rokok sangat berbahaya bagi manusia maupun makhluk hidup lain karena mengandung berbagai zat-zar racun di dalamnya. Mungkin tidak terasa efeknya kalau hanya menghisap satu batang rokok saja. Dan mungkin persentase kontribusi asap rokok untuk menyebabkan polusi udara sangat kecil. Namun bayangkah apabila 1000 orang di dunia ini merokok secara bersama-sama di suatu tempat yang berbeda. Mungkin atau tidak hal itu bisa terjadi?? Bayangkanlah apabila di dunia ini terdapat 1 juta atau bahkan lebih perokok aktif yang merokok secara bersama-sama di tempat yang sama atau berbeda. Apakah hal itu tidak mungkin bakal terjadi?? Dan apabila jumlah perokok aktif di dunia ini dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun semakin meningkat mungkin bisa anda bayangkan sendiri apa saja efek yang bakal terjadi. Maka dari itu kalau anda sekarang adalah seorang perokok aktif maka segera tinggalkanlah kebiasaan buruk anda. Karena merokok itu adalah sesuatau yang tidak membawa manfaat sama sekali dan justru malah banyak efek negatifnya. Anda tidak percaya?? Silahkan baca artikel mengenai bahaya merokok dibawah ini yang saya kutip dari 

Mungkin anda sudah tahu bahwa menghisap asap rokok orang lain di dekat anda lebih berbahaya bagi anda daripada bagi si perokok itu sendiri. Asap Utama adalah asap rokok yang terhisap langsung masuk ke paru-paru perokok lalu di hembuskan kembali. Asap Sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan oleh ujung rokok yang terbakar. Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya :
TAR : Mengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.
KARBON MONOKSIDA (CO) : Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.
NIKOTIN : Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.
Bila anda berada di ruangan berasap rokok cukup lama, maka ketiga zat beracun di atas akan masuk ke paru-paru anda.
Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :
ANGINA : Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.
ASMA : Mengalami kesulitan bernafas.
ALERGI : Iritasi akibat asap rokok.

Gejala-gejala gangguan kesehatan :iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.Banyak orang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli. Melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan rokok, kiranya diantara kita perlu bahu-membahu berbuat tiga hal utama :
 
Komunikasi dan informasi tentang bahaya merokok, baik bagi si perokok langsung maupun perokok pasif.
Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok agar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.
Jangan merasa segan untuk menegur perokok, jika anda merasa terganggu

- Copyright © Nurhadi Prayogi - Powered by Blogger - Designed by Nurhadi Prayogi -